Abses Gigi (Tooth Abscess)

Agustus 23, 2017 Oleh Peiter Gozali, drg., M.Sc.

Gigi abses adalah sebuah kantung / poket yang disebabkan oeh infeksi bakteri. Abses gigi dapat terjadi  oleh berbagai penyebab di sekitar gigi. Abses periapikal merupakan abses yang terjadi di ujung akar gigi, dimana abses periodontal terjadi di daerah gusi gigi.

Gigi dengan abses periapikal biasanya terjadi karena gigi berlubang yang tidak dirawat ataupun kesalahan dari pengerjaan gigi.

Dokter gigi biasanya merawat abses gigi dengan cara mengeluarkan cairan infeksi dan membersihkan daerah tersebut. Perawatan lainnya adalah perawatan saluran akar, akan tetapi dalam beberapa kasus, gigi Anda perlu dicabut. Membiarkan atau tidak merawat abses gigi dapat menyebabkan masalah serius hingga mengancam nyawa.

Gejala

• Sakit yang tajam, lama dan dapat menyebar ke tulang rahang, leher ataupun telinga
  • Sensitif terhadap suhu panas dan dingin
  • Sensitif terhadap tekanan dari mengunyah atau mengigit
  • Pembengkakan di daerah muka atau pipi
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening di bawah rahang atau di daerah sekitar leher
  • Terjadi bau mulut dan rasa yang tidak nyaman

Segera ke dokter ketika Anda mempunyai gejala atau simptom abses gigi.

Saya merekomendasikan Anda pergi langsung ke ruang emergensi jika Anda demam, pembengkakan pada muka, terjadi masalah perafasan, dan sulit atau sakit ketika menelan. Gejala tersebut mengindikasikan infeksi tersebut sudah menyebar ke bagian dalam di tulang rahang dan atau menyebar ke beberapa bagian dari tubuh Anda.

Penyebab

Abses periapikal terjadi ketika bakteri telah masuk ke ruang pulpa gigi (pembuluh darah, saraf, dan jaringan ikat)

Bakteri masuk melalui gigi berlubang atau gigi yang fraktur/retak dan menyebar ke ujung akar gigi. Infeksi bakteri dapat menyebabkan pembengkakan pada ujung akar gigi.

• Kebersihan gigi yang kurang. Kurang memelihara kebersihan gigi geligi dan gusi seperti penyikatan gigi dua kali sekali tanpa menggunakan benang gigi — yang meningkatkan risiko gigi berlubang, abses gigi, dan komplikasi dari gigi dan mulut
  • Makanan tinggi gula. Sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar tinggi gula seperti manisan dan soda yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan abses gigi (risiko tinggi).

Komplikasi

Abses gigi tidak akan sembuh tanpa perawatan. Jika abses gigi hancur, kemungkinan rasa sakit akan berkurang akan tetapi Anda tetap memerlukan perawatan gigi. Jika abses gigi tidak dirawat, infeksi dapat menyebar ke daerah rahang dan menyebar ke kepala leher. Anda juga memiliki risiko sepsis yang mana merupakan infeksi bakter yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Jika sistem imun tubuh Anda lemah dan abses gigi tidak dirawat, Anda memiliki risiko tinggi dalam penyebaran infeksi bakteri di seluruh tubuh.

Diagnosa

Dokter gigi akan memeriksa gigi Anda:

• Perkusi di gigi geligi. Gigi dengan abses biasanya sensitif terhadap tekanan
  • Merekomendasikan pemeriksaan X-Ray. Penjalaran abses dapat diketahui dari pemeriksaan radiografi.

Perawatan

Tujuan utama dari perawatan adalah dengan membersihan daerah infeksi. Dokter gigi Anda akan merawat dengan pendekatan:

• Insisi dan mengeluarkan cairan infeksi. Dokter gigi Anda akan melakukan pembukaan gusi di sekitaran abses gigi untuk mengeluarkan cairan pus dan membersihkan daerah tersebut.
  • Melakukan perawatan saluran akar. Perawatan ini dilakukan untuk mengurangi infeksi bakteri. Melakukan pengeboran pada gigi, membersihkan infeksi pada pulpa. Gigi Anda juga akan ditambal atau dipasang mahkota gigi palsu.
  • Melakukan pencabutan gigi. Gigi yang tidak dapat dipertahankan akan dilakukan pencabutan dan dilakukan pembersihan infeksi bakter di sekitar gigi.
  • Memberikan antibiotik. Jika daerah infeksi hampir menjangkau daerah gigi lainnya, rahang dan daerah lainnya akan diberikan antibiotik untuk menghindari penyebaran infeksi berlanjut.